Kamis, 17 Januari 2013

Lidah Pendeteksi Kanker


Taukah, Anda?, Lidah yang kita anggap sebagai perasa, seperti manis asam asin pahit, ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam kesehatan. Lidah tidak hanya membantu proses pencernaan di mulut, tapi juga dapat digunakan sebagai “alat” pendeteksi adanya suatu penyakit dalam tubuh. Tak heran bila dokter juga kerap memeriksa lidah untuk mengetahui penyakit apa yang Anda derita.

Menurut seorang spesialis gizi, Dr Krishnakant Dhebri, warna, tekstur, dan ukuran lidah bisa menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.


Melalui lidah, dokter bisa mendeteksi adanya penyakit paru-paru, ginjal, kanker lidah, bahkan penyakit kanker lainnya.

Warna lidah yang berubah menjadi cokelat atau kehitaman menandakan tubuh mengalami kelebihan minyak, gula, dan tembakau.

Sementara lidah yang berwarna merah muda menunjukkan bahwa seseorang menderita demam berdarah.

Adanya lapisan putih tebal di lidah tengah menandakan adanya masalah pada organ hati dan empedu.

Permukaan lidah juga bisa menjadi tolak ukur kondisi kesehatan pasien. Lidah yang teksturnya tidak beraturan menandakan tubuh kekurangan zat besi atau anemia pernisiosa.

Lidah memiliki peran penting dalam proses pencernaan dan juga membantu ahli medis mendeteksi adanya penyakit dalam tubuh. Oleh karena itu, jaga kebersihan lidah Anda dengan menggosoknya dengan sikat gigi atau alat pembersih lidah lainnya.

sumber: doktersehat.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar